loader image
Estetika dalam Arsitektur

Ruang Lingkup Jasa Arsitektur Rumah dan Bangunan

Jasa Arsitektur Rumah – Layanan yang biasanya disediakan oleh seorang arsitek meliputi pengembangan desain konsep, persiapan dokumen konstruksi, dan administrasi konstruksi. Arsitek juga menyediakan berbagai macam layanan tambahan termasuk studi kelayakan, pemrograman arsitektur dan manajemen proyek.

Tergantung pada tingkat layanan yang diminta dari seorang arsitek, berikut ini biasanya ditawarkan oleh arsitek atau konsultan mereka:

Project Inception

Di sinilah perencanaan proyek dimulai. Bekerja sama dengan arsitek, klien berbagi kebutuhan, ide, dan tujuan proyek mereka.

Desain Skema

Selama tahap ini arsitek memulai dengan menyiapkan sketsa dan konsep desain awal berdasarkan kebutuhan dan anggaran klien yang membantu mengeksplorasi dan mengilustrasikan opsi yang memungkinkan. Arsitek meninjau opsi yang berbeda dengan klien membahas berbagai pro dan kontra dan menanggapi masukan klien.

Pengembangan Desain

Setelah desain skema disetujui dan ada definisi yang lebih jelas tentang ruang lingkup dan kualitas proyek jadi, fase pengembangan desain dimulai. Proyeksi biaya tambahan membantu menentukan apakah desain sesuai dengan anggaran awal atau tidak, jika ada maka penyesuaian yang perlu dilakukan.

Dokumen Konstruksi 

Gambar kerja dan spesifikasi tahap pengembangan desain dikembangkan setelah konsep desain diputuskan. Dokumen konstruksi inilah yang diperlukan oleh pemerintah kota setempat untuk mendapatkan izin mendirikan bangunan. 

Mereka juga digunakan untuk meminta penawaran dari berbagai kontraktor yang akan dibutuhkan untuk membangun proyek.

Penawaran dan Negosiasi 

Seorang arsitek dapat memberikan saran tentang pilihan kontraktor dengan mengevaluasi tawaran yang kompetitif. Arsitek membantu dalam evaluasi penawaran dan membantu dalam persiapan kontrak antara klien dan kontraktor.

Konstruksi dan Administrasi Kontrak

Arsitek berkonsultasi dengan klien dan memberi saran selama konstruksi. Kunjungan ke lokasi membantu menentukan apakah konstruksi berjalan secara umum sesuai dengan dokumen konstruksi dan maksud desain. 

Ini juga merupakan peran jasa arsitektur rumah untuk memberi tahu apakah bahan dan pengerjaan memenuhi standar yang dapat diterima.