loader image
Jasa Konstruksi Baja

Memahami Mekanika Listrik (Mekanikal Elektrikal)

Memahami Mekanika Listrik – Mekanika Listrik adalah bidang yang relatif baru dalam bidang teknik yang berfokus pada desain, pemeliharaan, dan pengoperasian sistem dan peralatan kelistrikan. Sebagai praktik interdisipliner, ini menggabungkan elemen teknik elektro dan teknik mesin untuk menghasilkan produk yang efisien dan andal.

Mekanika kelistrikan menggunakan pengetahuan mereka tentang kelistrikan, sirkuit listrik, motor, perlengkapan penerangan, trafo, dan lainnya untuk mengembangkan solusi mutakhir bagi bisnis.

Dari merancang peralatan rumah tangga hingga membuat perangkat medis mutakhir, mereka menawarkan solusi inovatif untuk masalah industri sambil memastikan standar keselamatan terpenuhi.

Perkembangan sistem kontrol modern telah melihat peningkatan permintaan mekanik listrik terampil yang dapat bekerja dengan komponen elektronik yang kompleks.

Ini termasuk mereka yang memiliki keahlian dalam pemrograman robotika serta mereka yang memahami konsep di balik desain papan sirkuit. Insinyur otomasi juga sangat dicari karena semakin banyaknya tugas yang diotomatisasi saat ini oleh komputer atau mesin.

Definisi & Ikhtisar

Teknik mesin dan listrik adalah dua cabang teknik tertua dan terpenting. Kedua disiplin memiliki keterampilan yang tumpang tindih, tetapi masing-masing memiliki tujuan dan sejarah yang berbeda. Artikel ini akan mendefinisikan teknik mesin dan listrik dan memberikan ikhtisar tentang sejarah, ruang lingkup, dan aplikasinya.

Teknik mesin adalah bidang interdisipliner yang berfokus pada pengembangan sistem fisik, seperti mesin atau mesin. Ini berkaitan dengan desain dan konstruksi sistem ini, serta pemeliharaan dan pengoperasiannya.

Insinyur mekanik menggunakan berbagai alat untuk menganalisis kinerja sistem; ini termasuk perangkat lunak pemodelan untuk visualisasi desain, pencetakan 3D untuk membuat prototipe komponen atau rakitan, CAD/CAM untuk mengembangkan gambar dan diagram terperinci, analisis elemen hingga untuk mengevaluasi sifat kekuatan atau kelelahan, tribologi untuk mempelajari sifat ketahanan aus pada bantalan atau bagian bergerak lainnya.

Persyaratan Pendidikan

Insinyur mekanik dan elektrik bertanggung jawab untuk merancang, menguji, dan membangun berbagai sistem mekanik dan elektrik. Dengan demikian, mereka harus memiliki persyaratan pendidikan tertentu untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

Gelar sarjana teknik adalah persyaratan pendidikan minimum untuk kedua jenis insinyur. Mereka yang tertarik untuk mengejar karir teknik harus melihat ke universitas terakreditasi yang menawarkan program teknik mesin atau listrik.

Selain gelar sarjana, insinyur mungkin juga perlu menyelesaikan sertifikasi khusus untuk bidangnya. Insinyur listrik akan membutuhkan pengetahuan khusus tentang komponen dan sistem elektronik sementara insinyur mekanik harus memiliki pengetahuan tentang dinamika fluida, termodinamika, ilmu material, dan topik terkait lainnya.

Selain itu, pengalaman dengan perangkat lunak desain berbantuan komputer diperlukan untuk banyak posisi teknik. Ada banyak cara bagi calon insinyur untuk mendapatkan pengetahuan ini termasuk magang atau magang serta pengalaman langsung dengan peralatan atau mesin yang relevan.

Teknologi yang Digunakan di Lapangan

Teknologi teknik mesin dan listrik memainkan peran yang semakin penting di banyak bidang industri. Karena teknologi terus berkembang, demikian pula cara penerapannya dalam aplikasi dunia nyata.

Dari otomatisasi dan robotika hingga sistem komunikasi, teknologi teknik mesin dan kelistrikan memberikan solusi efektif untuk tantangan kompleks saat ini.

Di bidang teknik mesin, teknologi modern telah memungkinkan para insinyur untuk menciptakan mesin yang dapat menghasilkan berbagai produk dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi.

Alat otomasi memungkinkan para insinyur untuk membangun bagian lebih cepat dari sebelumnya sementara robot sekarang digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang sulit atau tidak mungkin bagi manusia. Selain itu, perkembangan baru seperti pencetakan 3D merevolusi proses manufaktur dengan memungkinkan perusahaan memproduksi komponen dengan cepat dengan biaya lebih sedikit dan pemborosan material.