loader image
Tips Memilih Rumah 2 Lantai Minimalis

Tips Memilih Rumah 2 Lantai Minimalis

Tips Memilih Rumah 2 Lantai MinimalisKeterbatasan lahan saat ini terutama di perkotaan membuat masyarakat kesulitan mencari rumah yang luas. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan rumah minimalis 2 lantai agar ruangan yang anda miliki bisa lebih besar walaupun lahannya terbatas. Membuat rumah 2 lantai juga menghemat budget karena harga tanah yang tidak murah.

Desain rumah minimalis semakin diminati oleh keluarga muda karena kesederhanaannya namun memiliki estetika. Selain itu, membuat rumah dengan konsep minimalis tidak membutuhkan biaya yang sama dengan rumah dengan desain yang rumit. Selain itu dibuat otomatis dengan 2 lantai, kebutuhan lahan juga lebih kecil, sehingga tidak perlu membeli tanah kavling yang luas dengan harga yang mahal.

Tips Memilih Rumah 2 Lantai Minimalis

1. Rencana yang Cermat dan Matang

Sebelum Anda mulai membangun rumah minimalis, lakukan beberapa perencanaan yang matang. Perencanaan harus dilakukan secara detail sehingga Anda dapat memahami waktu yang dibutuhkan, anggaran, tenaga konstruksi dan sebagainya. Denah ini nantinya bisa dijadikan acuan dalam proses pembangunan rumah.

2. Adaptasi dengan Kondisi Tanah dan Lingkungan

Membangun rumah minimalis 2 lantai sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tanah dan sekitarnya. Pastikan tekstur dan kontur tanah cukup kuat untuk membangun rumah dua lantai. Jangan lupa juga untuk beradaptasi dengan lingkungan tempat rumah akan dibangun. Disarankan agar Anda membuat desain rumah yang tidak mencolok karena perbedaannya sangat jauh dengan rumah di sekitarnya.

3. Buat konsep yang jelas

Selanjutnya, buat konsep yang jelas untuk desain rumah minimalis. Misalnya, konsep yang dimaksud adalah jumlah kamar yang dibangun sesuai dengan anggota keluarga yang ada. Apakah anak-anak mendapatkan kamar sendiri atau satu kamar cukup?

Lantai dasar digunakan untuk setiap kamar, serta lantai dua. Jika ada konsep yang jelas, lebih mudah untuk menerapkannya dalam proses pembangunan.

4. Pilih Tipenya

Tips selanjutnya adalah memilih tipe rumah yang akan Anda bangun. Pemilihan tipe rumah ini sebaiknya disesuaikan dengan ukuran lahan dan kebutuhan, termasuk total biaya serta jumlah ruangan yang akan dibuat.

5. Buat Rencana dan Perhitungan Biaya

Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Buatlah rencana rumah yang akan dibangun dan hitung biaya yang dibutuhkan. Membuat denah rumah harus dilakukan dengan cermat dan tepat, agar sesuai dengan keinginan dan memberikan kenyamanan.

Setelah denah dibuat sesuai dengan desain yang diinginkan, Anda dapat lebih mudah memperkirakan perhitungan biaya yang dibutuhkan. Perhitungan biaya meliputi biaya perijinan seperti IMB, kebutuhan bahan bangunan, upah kerajinan, dan lainnya.

6. Gunakan Layanan Profesional

Bagaimana jika Anda pusing dan bingung melakukan beberapa hal di atas? Solusinya adalah menyewa seorang profesional untuk melakukan semua ini untuk Anda. Carilah bantuan dari perusahaan desain atau arsitektur rumah terpercaya untuk mengurus semua masalah ini. Dengan menggunakan jasa profesional tersebut, rumah idaman minimalis dengan 2 lantai jauh lebih mudah untuk diwujudkan.

Banyak contoh desain rumah minimalis 2 lantai yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jasa desain rumah profesional akan membantu Anda memilih model minimalis yang paling cocok.