loader image
Desain Interior Meningkatkan Kesehatan Mental

Benarkah Desain Interior Meningkatkan Kesehatan Mental ?

Desain Interior Meningkatkan Kesehatan Mental – Kesehatan mental penting untuk dijaga, bukan hanya kesehatan fisik. Jika Anda sehat, anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain dan lebih produktif saat belajar atau bekerja.

Namun, ketakutan dan kecemasan adalah perasaan yang tidak bisa dihindari. Begitu banyak kejadian yang tidak bisa dikendalikan. Kita bisa mengalami hari yang buruk, seperti dipecat, berdebat dengan rekan kerja. Jadi yang bisa kita lakukan adalah merubah tempat tinggal kita menjadi lebih nyaman.

Bisa dibayangkan bahwa setelah hari yang sangat melelahkan, setidaknya tidak ada tempat yang baik untuk pulang. Sulit dipungkiri bahwa Rumah yang nyaman bisa memberikan energi positif bagi Anda.

Bagaimana Desain Interior Meningkatkan Kesehatan Mental ?

Kecemasan dan depresi adalah penyakit mental yang paling umum. Salah satu solusi untuk meningkatkan kesehatan mental adalah dengan menciptakan rumah yang nyaman. Kita dapat membuat hubungan antara desain rumah dan stabilitas emosional, seperti halnya menciptakan ruang untuk kebersamaan dan keduanya dapat meningkatkan kesehatan mental.

Bahkan, pengusaha atau entrepreneur juga memperhatikan efek psikologis dari desain interior. Desainer interior meliputi tentang penggunaan warna, pencahayaan, tata letak, tekstur, dan seni yang kaya untuk menciptakan ruang yang memotivasi dan menginspirasi.

Elemen-elemen ini, jika digunakan dengan benar, dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan bahkan mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Desain Ruangan dengan Pencahayaan

Anda perlu tahu bahwa matahari mempengaruhi suasana hati Anda. Banyaknya sinar matahari menciptakan kebahagiaan, dan sebaliknya jika kekurangan sinar matahari dapat menimbulkan kesedihan atau ketakutan.

Cahaya matahari dapat memberikan energi positif dan memotivasi kita dimanapun berada.

Memperluas Rumah dapat Memperluas Semangat

Jika kita memperluas ruangan, kita dapat memperluas semangat kita juga. Orang akan berpikir lebih kreatif dengan langit-langit tinggi daripada langit-langit pendek. Jika rumah Anda memiliki langit-langit, Anda dapat menambahkan cermin di dinding untuk membuat rumah lebih besar.

Meningkatkan Mood dengan Tanaman dan Bunga di Rumah

Membawa alam ke dalam sebuah ruangan bisa meningkatkan mood. Anda bisa membawa tanaman dan bunga di dalam ruangan. Kabar baiknya, banyak tanaman hias yang berfungsi sebagai penyaring udara alami dan meningkatkan kualitas udara, seperti bambu Jepang, dll.

Bunga, karena keindahannya, juga dapat mendorong dan meningkatkan mood.

Gunakan Elemen Air, Angin dan Logam 

Percaya atau tidak, praktik feng shui ini menggabungkan unsur air, angin, api, logam, dan tanah ke dalam rumah dan membuat rumah lebih damai dan nyaman. Misalnya unsur air. biasanya membuat air mancur di dalam rumah agar rumah terasa segar. Selain ada unsur angin, biasanya desainer interior membuat jendela besar agar udara bisa masuk, dll.

Bermain Warna untuk Desain Interior

Yang tidak kalah penting adalah adanya unsur warna dalam desain interior, warna sangat berpengaruh terhadap mood dan kesehatan mental apalagi untuk desain interior rumah.

Seni di Dalam Rumah

Memiliki seni di dalam ruangan dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Kehadiran lukisan di sudut ruangan membuat suasana hati kita senang. Seni benar-benar tentang selera, jadi Anda bisa memajang lukisan atau karya seni pilihan Anda. Tembikar, keramik, keping perak, patung, dekorasi, piring adalah bentuk seni yang dapat ditempatkan di samping lukisan.

Memiliki lukisan atau ekstensi seni yang sesuai dengan pandangan dunia Anda dapat mengurangi kecemasan dan stres. Bahkan, melihat dan menciptakan seni telah menjadi bagian dari terapi kesehatan mental ini.

Sementara kesehatan mental mungkin tampak sepele, penyakit ini membuat kita menderita. Jangan biarkan “penyakit kesehatan mental” ini mempengaruhi Anda! Mari ubah rumah Anda menjadi rumah nyaman untuk anda pulang.