loader image
Estetika dalam Arsitektur

Konsep Rumah Tumbuh, Ini Penjelasannya

Konsep Rumah Tumbuh – Sebelum membahas mengenai rumah tumbuh, tentunya Anda perlu mengetahui apa definisi dari rumah tumbuh. Mungkin banyak yang menganggap rumah tumbuh setara dengan rumah minimalis. Ini berbeda. Rumah tumbuh adalah solusi yang ditawarkan bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan lahan dan dana terbatas.

Hal ini dikarenakan rumah tumbuh memang didesain untuk dibangun secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang Anda miliki.

Jenis Rumah Tumbuh

Ada dua jenis rumah tumbuh, yaitu vertikal dan horizontal. Berikut ulasannya :

Rumah Tumbuh Vertikal

Seperti namanya, rumah yang tumbuh secara vertikal adalah rumah yang tumbuh di atas (bertingkat). Untuk membangun rumah jenis ini tentunya membutuhkan pondasi yang sangat kuat.

Jadi jika pemilik rumah ingin menambah lantai di dalam rumah, tidak perlu dibongkar lagi karena pondasi yang ada sudah cukup kuat untuk menopang lantai tambahan. Biasanya rumah tumbuh vertikal ini diterapkan di lahan yang tidak terlalu luas.

Rumah Tumbuh Horizontal

Konsep rumah tumbuh horizontal membutuhkan sebidang tanah yang luas, meski berukuran 2 kali lebih besar dari bangunan aslinya. Namun untuk membangun rumah jenis ini tidak perlu memiliki pondasi yang kuat seperti rumah vertikal, karena perencanaan dilakukan untuk menambah luas, bukan menambah jumlah lantai.

Tips Membangun Rumah Tumbuh

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah untuk diperbaiki, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu :

Sesuaikan Jenis Rumah dengan Tanah

Jangan memaksakan membangun rumah yang tumbuh mendatar jika lahan yang tersedia tidak cukup, karena nantinya akan sulit. Selain itu, menyesuaikan tipe rumah dengan lahan yang tersedia juga memudahkan Anda dalam menata ruang yang ingin dibangun atau ditambahkan nantinya. Hal ini juga mempengaruhi biaya yang akan dibutuhkan di masa depan untuk membangun ruang tambahan.

Tetapkan Anggaran yang Tersedia

Tentu Anda menginginkan yang terbaik saat membangun rumah impian Anda. Tapi semuanya tetap harus berdasarkan budget yang ada. Jangan memaksakan ruangan untuk membangun jika anggaran dirasa tidak mencukupi karena pembangunan tidak akan maksimal. Oleh karena itu, Anda juga perlu membuat skala prioritas tentang ruang yang akan dibangun terlebih dahulu.

Gunakan Bahan yang Mudah Ditemukan

Ini penting, karena pertumbuhan rumah Anda akan berlangsung di tahun-tahun mendatang. Jika Anda 100% hanya menggunakan bahan-bahan yang sedang trend sekarang, bahan-bahan tersebut tidak akan selalu mudah ditemukan di tahun-tahun mendatang. Sehingga pasti akan menghambat proses pertumbuhan rumah Anda nantinya.

Perhatikan Detail Rumah

Detail yang disebutkan di sini adalah barang-barang kecil di rumah, seperti arah aliran air atau pipa. Pastikan Anda telah memikirkannya dengan cermat sehingga jika nanti ada ruang ekstra, Anda tidak perlu mengubah detail dari awal.

Gunakan Layanan Profesional

Karena konsep rumah tumbuh berbeda dengan rumah biasa dan memerlukan perencanaan yang matang, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional untuk membangun properti ini. Akan ada biaya tambahan untuk ini, tetapi Anda tidak akan menyesalinya, karena semuanya dari yang terbesar hingga yang terkecil pasti akan dipikirkan dengan matang.