loader image
Memahami Harga Jasa Gambar dan RAB

Ruang Lingkup Pekerjaan Konstruksi

Ruang Lingkup Pekerjaan Konstruksi  – Saat membangun sebuah struktur, kita biasanya membutuhkan kontraktor. Pekerjaan kontraktor adalah melaksanakan proyek-proyek yang berkaitan dengan pembangunan rumah,hotel, restoran dan bangunan lainnya. 

Perkembangan yang pesat ini menjadikan kontraktor sebagai salah satu hal yang paling penting dan diinginkan. Jika Anda juga membutuhkannya, Anda dapat memutuskan sendiri kontraktor mana yang akan Anda gunakan. Pilihan harus didasarkan pada kebutuhan pengembangan dan spesifikasi harus sesuai dengan persyaratan.

Definisi

Menurut bahasa, kontraktor adalah kata yang berasal dari kata kontrak. Kata kontrak mempunyai arti khusus, yaitu suatu perjanjian atau pernyataan kesepakatan yang biasanya berkaitan dengan suatu proyek tertentu. 

Oleh karena itu, kontraktor dapat didefinisikan sebagai badan hukum atau badan usaha sewa. Disewakan oleh orang lain untuk mengerjakan proyek tertentu. Pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan sebagaimana ditentukan dalam kontrak yang telah disepakati antara para pihak dalam perjanjian.

Ruang Lingkup Pekerjaan Konstruksi

Siapapun yang menjadi kontraktor tentu memiliki beberapa tugas. Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh kontraktor adalah:

-Pelaksanaan proyek pembangunan sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya. Kontraktor harus bisa membangun gedung dengan detail yang sudah ada di perencanaan. Dalam pengembangan proyek, biasanya ada beberapa kesepakatan yang perlu dicapai antara para pihak.

-Kontraktor juga bertanggung jawab untuk membuat laporan. Laporan merupakan laporan kemajuan pekerjaan yang dilakukan. Biasanya, pemberitahuan yang harus dilakukan memiliki masa tenggang sesuai dengan kesepakatan. Ada laporan harian, laporan mingguan hingga laporan bulanan. Laporan yang telah dibuat harus diberikan kepada pemilik proyek dan isi laporan tersebut adalah tentang pelaksanaan konstruksi.

-Penyelesaian pekerjaan tepat waktu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa kontrak antara kontraktor dan pemilik proyek. Perjanjian biasanya menyatakan persyaratan maksimum yang dapat dikerjakan oleh kontraktor. 

Jika ada kesepakatan, maka menjadi kewajiban kontraktor untuk menyelesaikan proyek konstruksi secara maksimal dalam batas waktu yang telah ditentukan.

-Melakukan perawatan di lokasi proyek. Kontraktor harus memastikan bahwa lokasi proyek konstruksi aman dan nyaman sehingga konstruksi dapat diselesaikan lebih cepat dan lancar. 

Kontraktor bertanggung jawab untuk membuat bangunan yang dibangun dengan kualitas yang baik. Kontraktor harus dapat memastikan bahwa bangunan yang sedang dibangun memiliki tingkat keselamatan dan kualitas hidup yang tinggi. 

Kontraktor juga harus melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa bangunan tersebut memenuhi semua elemen keselamatan konstruksi. Hal ini juga harus sesuai dengan hukum atau standar SNI yang berlaku.

-Kontraktor juga memiliki tanggung jawab untuk mengevaluasi bangunan yang sedang dikerjakan. Evaluasi ini diperlukan untuk menentukan apakah ada sesuatu yang kurang di dalam gedung. Ini berkaitan dengan keamanan, jadi jika ada masalah harus segera ditangani.

Tugas lain dari kontraktor adalah: untuk menyediakan semua sumber daya konstruksi seperti bahan, peralatan dan tenaga kerja.